Mengaktifkan Tombol Button : onClick pada Eclipse

09:00 vanrheksa 2 Comments

Assalamu'alaikum Wr, Wb.

Sedikit Share ilmu Sob :-)

Dalam membuat palikasi Android, so pasti kita menggunakan tombbol Button. Button adalah sebuah kontrol yang tampil pada layar dengan bentuk tertentu yang mirip dengan tombol persegi panjang dengan tulisan di tengahnya. Ketika pengguna menggerakkan kursor di atas sebuah button, maka button tersebut akan aktif, biasanya ditandai dengan perubahan warna, ukuran, atau bentuk button. Jika button tersebut di-klik, maka aplikasi akan menjalankan sebuah aksi seperti yang telah dijelaskan pada tulisan nama button tersebut. Aksi oleh button biasanya dijalankan secara instan. Contoh button banyak terdapat pada menu atau kotak dialog yang biasanya mencakup penyelesaian operasi yang didefinisikan oleh judul kotak dialog tersebut.

Nah disin penulis akan membagi tutorial membuat Login sederhana, sangking sederhananya sob, ini aplikasi ga make database dan hanya menggunakan satu Activity saja.

Ayo kita mulai membuat nya, cara nya silahkan sobat buka Eclipse nya, yang belum punya download saja disini sob [Eclipse]. Setelah dibuka, kita buat aplikasi android dengan cara : File - New - Android Aplication Project, trus ikutin ja langkah-langkahnya.
Setelah kita dapatkan halaman utamanya, langsung ja sobat buat tampilannya seperti ini :

gambar hasil tampilan yang dibuat
 setelah itu kita masuk ke activity_main.xml, kemudian edit codding nya seperti ini :

activity_main.xml

activity_main.xml
kalau sudah, sobat buka yang namanya file MainActivity.java, file ini ada di folder Src, setela itu edit codding nya seperti ini :
MainActivity.java
Lanjutan MainActivity.java
 coddong sudah beres sob, tinggal di Run, dan hasil tampilannya bakal seperti di gambar ini:


Gimana, cukup mudah bukan ? :-)

2 komentar: