ALGORITMA GENETIKA dengan JAVASCRIPT

21:30 Pemrograman Web 13 Comments



Algoritma genetika merupakan suatu ilmu komputerisasi (algoritma) yang terinspirasi dari teori perkembangan makhluk hidup dan selanjutnya dikembangkan menjadi suatu algoritma komputasi untuk menemukan suatu cara penyelesaian masalah yang lebih alamiah
Struktur Umum
•Populasi, istilah pada teknik pencarian yang dilakukan sekaligus atas sejumlah solusi yang mungkin
•Kromosom, individu yang terdapat dalam satu populasi dan merupakan suatu solusi yang masih berbentuk simbol.
•Generasi, populasi awal dibangun secara acak sedangkan populasi selanjutnya merupakan hasil evolusi kromosom-kromosom melalui iterasi.
•FungsiFitness, alat ukur yang digunakan untuk proses evaluasi kromosom. Nilai fitness dari suatu kromosom akan menunjukkan kualitas kromosom dalam populasi tersebut.
•Generasi berikutnya dikena ldengan anak(offspring) terbentuk dari gabungan2 kromosom generasi sekarang yang bertindak sebagai induk(parent) dengan menggunakan operator penyilang (crossover).
•Mutasi, operator untuk memodi-fikasi kromosom.


Tentang Aplikasi

 Ini adalah bukti konsep untuk menunjukkan sebuah implementasi dari agen otonom dikombinasikan dengan algoritma genetika Aplikasi ini berkonsep tentang siklus hidup ikan didalam ekosistem nya sendiri. Pada awalnya terdapat 60 populasi ikan, tetapi seiring berjalannya waktu, maka populasi akan berkurang karena adanya proses makan memakan, disamping memakan makanan yang telah disediakan. Tetapi juga populasi bisa bertambah karena adanya individu baru yang lahir.




Agen Otonom

                Kemampuan terbatas untuk memahami lingkungan: Setiap ikan hanya bisa melihat hal-hal (ikan lainnya dan makanan) dalam kisaran terbatas
                Proses informasi dari lingkungan dan menghitung tindakan:Dalam hal ini tindakan dihitung sebagai kekuatan (vektor). Jika lingkungan mengatakan ikan yang ada ikan menakutkan besar ke depan, aksi akan menjadi kekuatan dalam arah berlawanan, atau jika ikan melihat makanan, gaya akan menariknya ke arah itu. Ada perilaku sosial seperti shoaling / sekolah yang berasal dari pemisahan, keselarasan dan kohesi dasar kekuatan. Ada juga strategi evolusi, seperti afinitas untuk ikan lain dari warna yang sama, ini mempromosikan generasi dari berbagai ras. Semua kekuatan ini ditambahkan-up pada setiap kali langkah dan hasil yang membuat ikan memutuskan arah mana untuk berenang.
                Tidak ada pemimpin: ikan tidak diperintahkan oleh seorang pemimpin untuk menampilkan perilaku kompleks seperti shoaling / sekolah; dinamika cerdas dan terstruktur muncul dari interaksi lokal dari agen sendiri.
               
Algoritma Genetika

                Populasi:Populasi ikan secara acak dihasilkan dengan nilai acak untuk DNA mereka. Genotipe ikan pada dasarnya terdiri dari 2 gen (massa dan hue), yang pada dasarnya kemudian menghasilkan fenotip ikan (warna, ukuran, kecepatan max, berbagai pandangan, ambang batas jatuh tempo, ukuran gigitan, dll).
                Seleksi:Ikan dilahirkan dengan sejumlah energi yang mereka akan menghabiskan bergerak (berenang), dan ketika mereka kehabisan itu mereka mati. Mereka bisa makan makanan untuk mendapatkan energi, dan juga mereka bisa makan ikan lain yang lebih kecil dari mereka (kurang dari setengah dari massa mereka). Semakin banyak energi yang mereka dapat mengumpulkan, semakin lama mereka akan tinggal.
                Reproduksi :Agen dapat menelurkan keturunan, mereka harus mencapai usia tertentu (bervariasi tergantung pada massa ikan), setelah mereka lakukan, mereka mampu untuk kawin, karena itu mengabadikan gen mereka. Ketika mereka kawin, ambang kesuburan meningkat lagi, dan jika ikan mengumpulkan cukup makanan untuk hidup lebih lama dapat kawin beberapa kali, tapi lebih tua ikan mendapatkan lebih banyak energi mengkonsumsi berenang, sehingga di akhir setiap ikan mati.
                Crossover and Mutation:Keturunan adalah crossover dari gen orang tua mereka (jika satu orang tua yang besar dan yang lainnya kecil, anak akan menengah, jika salah satu berwarna merah dan yang lainnya berwarna biru , anak akan ungu), tapi sebagian sangat kecil dari keturunan mendapatkan gen bermutasi, sehingga memperkenalkan fitur baru untuk penduduk.




Putra Pratama Nasution
1134049
D4 TI 3A

13 komentar: