Algoritma Genetika Rute Koran Berlangganan

02:10 Pemrograman Web 6 Comments






Algoritma Genetika adalah suatu algoritma pencarian yang bertujuan untuk mencari solusi dari suatu masalah, baik dengan satu variable maupun multivariable. Metode ini meniru mekanisme dari genetika alam yaitu untuk menemukan susunan-susunan gen yang terbaik dalam tubuh makhluk hidup.

Dasar Algoritma Genetika adalah teori evolusi Darwin, yang menjelaskan prinsip dasar terciptanya banyak spesies makhluk hidup yang ada di dunia sekarang ini. Makhluk hidup yang dapat beradaptasi dengan lebih baik terhadap lingkungannya akan mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk bertahan hidup dan bereproduksi sehingga mempengaruhi jumlah populasi spesies yang bersangkutan di waktu-waktu selanjutnya.

Pertama kali Algoritma Gnetika ditemukan pada tahun 1960-an oleh John Holland lalu pada tahun 1970-an dia dan murid-muridnya serta rekan kerjanya mengembangkan penemuaannya itu di  di Universitas Michigan. Saat itu tujuannya mengembangkan Algoritma Genetika tidak untuk merancang suatu algoritma yang dapat menyelesaikan permasalahan, melainkan ke pembelajaran tentang fenomena adaptasi yang terjadi di alam dan mencoba diterapkan pada sistem komputer.

Ada 5 tahap yang dapat dilakukan dengan algoritma genetika, yaitu :

  • ·         Mencari Finess Cost
  • ·         Membuat Populasi Awal
  • ·         Proses Regenerasi
  • ·         Pengurutan (Sorting)
  • ·         Tahapan Pengulanagan  



























Fregga Septiaroli A
1134037

6 komentar: