Pemograman Dengan Algroritma Genetika

02:13 Pemrograman Web 1 Comments

Pengertian Algoritma Genetika
                Algoritma genetika ( Genetik Algorithm) merupakan suatu konsep komputasi yang pertama kali diutarakan oleh John Holland dari Universitas Michigan pada tahun 1975.
Algoritma genetika memliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode komputasi parallel di bandingkan dengan metode komputasi konvensional antara lain:
1.       Sifat dasarnya yang menunjang komputasi parallel
2.       Sifatnya yang tidak membutuhkan pengetahuan dasar
3.       Sifatnya yang lentur.
Sebuah solusi yang dibangkitkan dalam algoritma genetika disebut sebagai chromosome, sedangkan kumpulan choromosome-chromosome tersebut sebagai populasi. Sebabuah chromosome dibentuk dari komponen-komponen penyusun yang di sebut sebagai gen dan nilainya dapat berupa bilangan numerik, biner, simbol ataupun karakter tergantung dari permasalahan yang ingin di selesaikan. Proses seleksi chromosome menggunakan konsep aturan evolusi darwin yang telah disebutkan sebelumnya yaitu chromosome yang mempunyai nilai fitness tinggi akan memilki peluang lebih besar untuk terpilih lagi pada generasi selanjutnya.

Chromosome-chromosome bar di sebut dengan offspring, di bentuk dengan cara melakukan perkawinan antara chromosome dalam satu generasi disebut sebagai prosesor crossover. Jumlah chromosome dalam populasi yang mengalamicrossover di tentutak oleh parameter yang disebut dengan crossover_rate. Mekanisme perubahan susunan unsur penyusunan mahluk hidup akibat adanya faktor alam yang disebut dengan mutasi direpresentasikan sebagai proses berubahnya satu atau lebih nilai gen dalam chromosome dengan nilai acak. Jumlah gen dalam populasi yang mengalami mutasi ditentukan leh parameter yang dinamakan mutation_rate.

Nama : Nurmaula Anggara_1134008
Kelas : D4TI3A

1 komentar: