penggunaan pointer menggunakan c++

14:24 Pemrograman Web 0 Comments

video
Kodingan:
#include<iostream>
using namespace std;
main()
{
int wadi,*dhika,hana;
wadi= 85;
dhika=&hana;
hana=wadi;
cout<<"Nilai wadi adalah "<<wadi<<endl;
cout<<"Nilai dhika adalah "<<dhika<<endl;
cout<<"Nilai hana adalah "<<hana<<endl;
return 0;
}
Hasil :






Penjelasan :
Sebelum kita masuk ke program yang akan saya buat terlebih dahulu saya akan memberikan gambaran dedikit tentang apa itu bahasa pemprograman  C++.  C++ sebuah  bahasa pemprograman tingkat menengah (middle level programming language) yang bertarti juga termasuk dalam bahasa tingkat tunggi (hight level programming leangue).

#include<iosterm.h>
Include adalah sebagai awal dalam melakakukan pembuatan sebuah aplikasi menggunakan c++ seperti pada java menggunakan, public static void; adalah sebuah awalan dari proses pembuatan sebuah aplikasi dimana #include ini memiliki kemampuan untuk menambahkan dan menghapus kode dari file sumbernya,
using namespace std;
dan untuk bagian ini terdiri dari 3 kata yaitu; using, namespace, dan sytd;. Yang mempunyai fungsi masing masing.
1.                Using, pemberitahuan  kepada kompiler untuk penggunaan pendeklarasian namespace dan anggota dari namespace.
2.                Namespace, menyediakan metode utuk mencegah terjadinya konflik nama dalam proyek proyek besar.yang diaman simbol pendeklarasian di tempatkan di lingkup yang bernama sehingga tidak terjadinya kekeliruan pengenalan terhadap scope yang lainnya.
3.                Std, adalah sebuah nama dari namespace yang sudah tersedia dan dan tidak perlu untuk di ketik ulang.
main()
untuk pendeklarasian fungsi utama, dalam sebuah program seperti c++ memiliki banyak fungsi. Tetapi, harus mempunyai fungsi utama (main function). Arti dari fungsi di program kali ini adalah file yang berisi deklarasi untuk berbagai fungsi yang ada pada program c++ (yang dibuthkan oleh sebuah programer).
{
Dan tanda kurung kurawal di atas menandakan bahwa awal dari sebuah program
int wadi,*dhika,hana;
dimana int adalah sebuah tipe data, dimana tipe tersebut ada 3 yaitu wadi, dika, dan hana. Dimana wariabel wadi, dika dan hana adalah sebuah penginisialan.
wadi=85;
dimana  variabelwadi disni dimisalkan bernilai sama dengan (delapan  puluh lima) 85

dhika=&hana;
penginisialisasian antara dhika sama dengan (=) hana. Tanda ; merupakan penutup dari sebuah program yang telah anda ketik sebelumnya.
hana=wadi;
penginisialisasian antara hana sama dengan (=)wadi.
cout<<"Nilai wadi adalah "<<wadi<<endl;
cout berfungsi sebagai inputan dan keluaran, tapi untuk menjalankan fungsi count dalam sebuah aplikasi yang di buat  harus mempunyai / memakai header <iosterm.h>. dimana tanda  kurang dari << adalah operator dan “kata yang dimasukkan/peletakannya” yang akan mengarahkan operand yang terletak di bagian kanan ke objek yang terletak dibagian kirinya. Sama seperti di atas “Nilai wadi adalah” di pindahkan di cout yang dipindahkan berupa tampilan string tersebut ke layar. Endl; adalah suatu fungsi manipulator yang dapat digunakan untuk menyisipkan new line atau mengatur pindah baris. Fungsi ini sangat berguna untuk perintah keluaran berupa file di disk, dan juga file harus menggunakan perintah yang pas  seperti file header iostream.h.
cout<<"Nilai dhika adalah "<<dhika<<endl;
cout berfungsi sebagai inputan dan keluaran, tapi untuk menjalankan fungsi count dalam sebuah aplikasi yang di buat  harus mempunyai / memakai header <iosterm.h>. dimana tanda  kurang dari << adalah operator dan “kata yang dimasukkan/peletakannya” yang akan mengarahkan operand yang terletak di bagian kanan ke objek yang terletak dibagian kirinya. Sama seperti di atas “Nilai dhika adalah” di pindahkan di cout yang dipindahkan berupa tampilan string tersebut ke layar. Endl; adalah suatu fungsi manipulator yang dapat digunakan untuk menyisipkan new line atau mengatur pindah baris. Fungsi ini sangat berguna untuk perintah keluaran berupa file di disk, dan juga file harus menggunakan perintah yang pas  seperti file header iostream.h.
cout<<"Nilai hana adalah "<<hana<<endl;
dan perintah di atas mempunyai kesamaan dengan perintah yang di atas oerbedaannya cumin berada pada tulisan “nilai hana adalah”. Dan <<hana<<.
return 0;
penutup dari main() itu sendiri dan angka 0 adalah system operasi yang menunjukkan bahwa program tersebut berjalan dengan baiktanpa adanya kesalahan.
}

Penutup dari sebuah program yang telah di buat.

0 komentar: