POINTER DALAM BAHASA PEMOGRAMAN C

23:40 Pemrograman Web 0 Comments


Dennis Ritchie yang lahir di Bronxville, New York telah memperkenalkan mengembangkan bahasa pemograman bernama bahasa C. Bahasa C pertama digunakan di CDEC PDP-11 atau Computer Digital Equipment Corp PDP-11 dengan sistem operasi tertentu, berkat pengembangannya pada bahasa pemrograman C, Ritchie terpilih menjadi salah satu anggota National Academy of Engineering. Bahasa pemrograman C sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1.       Perulangan, atau repetition ada kalanya dibutuhkan suatu bagian program diulang-ulang sebanyak beberapa kali. Sintaks yang digunakan adalah For, While, dan Do While.
2.       Percabangan, atau selection adalah proses unutk melakukan suatu perintah pada kondisi-kondisi yang telah ditentukan. Sintaks yang digunakan adalah, if, if else, dan switch Case.
3.       Pointer, ini materi yang akan kita bahas lebih dalam lengkap dengan contoh codingnya. Apa itu pointer? Pointer merupakan variabel yang menyimpan alamat dari variable lain, sehingga variable pointer menunjuk tempat yang sama dengan variable yang ditunjuknya. Karena menunjuk tempat yang sama, variabel pointer bisa mengambil nilai dari variabel yang ditunjuknya

Konsep pointer itu sendiri biasanya digunakan untuk mempresentasikan atau menunjukkan hubungan antar sel, Pointer adalah sebuah sel yang berfungsi sebagai penunjuk letak sel yang lain. Pointer adalah sel yang nilainnya merupakan alamat sel yang lain, sel yang lain itu dapat berupa data atau berupa ponter juga. Jadi setiap elemen dalam linked list selalu berisi pointer. Dalam penggambaran struktur data, pointer digambarkan sebagai anak panah. Fakta bahwa sel X merupakan pointer ke sel Y berguna sebagai sebuah anak panah dari sel X ke sel Y. Dalam contoh berikut X dan Y dapat berupa data atau sembarang elemen yang merupakan suatu record yang dapat pula berisi pointer lain.




Gambar  5.1. Pointer dari A ke B digambarkan sebagai Anak Panah
Deklarasi variable pointer A yang menunjuk ke sebuah type sel, ditulis sebagai :    
Var     A : ^type_sel;
include<stdio.h> adalah standar library atau perpustakaan atau sumber input dan output bahasa C yang mana fungsi-fungsinya akan digunakan untuk membuat sebuah program
int main(){ adalah pembuka bahasa pemrograman C, berbeda dengan bahasa pemograman lainnya yang juga biasanya mempunyai ciri khasnya masing-masing.
        int y = 10; adalah pendeklarasi variabel y dengan inisialisasi dengan nilai 10 (pada umumnya bahasa pemograman bahasa c atau c++ atau bahkan java biasanya diakhiri dengan simbol semicolon)
        int x = 8; adalah pendeklarasi variabel x dengan inisialisasi dengan nilai 8
int *pointer_x; adalah pendeklarasi variabel pointer dengan nama pointer_x
        pointer_x = &x; adalah masukan alamat dari variabel x dengan &x ke dalam variabel pointer_x
        baris selanjutnya adalah printf("pointr x-nya adalah = %x\n", pointer_x); untuk menampilkan dalam format hex (slash n itu adalah kode program agar tulisan selanjutnya berada pada garis baru atau lebih dikenal dengan newline)
        lalu dilanjut dengan printf("*pointr x-nya yaitu = %d\n", *pointer_x); perintah ini adalah untuk mencetak isi dari *pointer_x itu sendiri
                return 0; ini adalah Intruksi pengembalian yang menyebabkan fungsi main() berakhir lalu mengembalikan kode yang ikut dalam instruksi, dan dalam kasus ini adalah 0 . Cara ini cukup sering digunakan untuk mengakhiri program.

Itu adalah sedikit materi tentang pointer pada bahasa pemograman C, masih banyak contoh yang dapat kita gali dan pelajari lebih dalam, bisa melalui sharing dengan guru atau dosen, penggunaan mesin pencarian google, atau diktat-diktat yang saya pergunakan untuk merangkum materi diatas, yaitu:
  1. Liem, Inggriani; Diktat Kuliah : Algoritma & Pemrogrman Prosedural, Bagian II; Teknik Informatika ITB
  2. Munir, Rinaldi; Algoritma dan Pemrograman:jilid II;  Penerbit Informatika Bandung.





Restiyana Dwi Astuti - 1154077 - Algoritma dan Struktur Data 2016

0 komentar: