Tugas Algoritma ( POINTER ) - Tias Maulana_1154122_D4TI1B

23:53 Pemrograman Web 0 Comments





ANALISA CODINGAN TENTANG POINTER

Pointer pada C++

Apa itu Pointer?
Arti pointer dalam bahasa sehari-hari adalah petunjuk untuk sesuatu atau penentu. Secara sederhana, pointer dapat diartikan sebagai tipe data yang nilainya mengarah pada nilai yang ada di dalam sebuah area memori (alamat memori). Pointer juga merupakan sebuah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Dapat digunakan untuk menunjukan ke suatu alamat memori, sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui  alamat dari suatu variable. Dalam bahasa C, Pointer bisa berfungsi sebagai variabel array, yang artinya  pointer berfungsi menunjukan elemen array ke-0 dalam variabel C.
Pointer merupakan built-in type di C dan C++, dimana konsep pointer di C diambil oleh C++ sehingga dapat di terapkan pula di C++. Pointer sangat terkait dengan "Abstract C Machine", model mesin abstrak tempat program C bekerja. Abstract C Machine merupakan mesin abstrak yang memiliki prosesor yang dapat menunjukan gambaran dari stream of instruction, dan addressable memory. Addressable Memory sendiri terbagi menjadi 3 bagian : free memorystatic memory, dan automatic memory,. Arti dari addressable memory adalah memory yang dapat diambil kontennya jika alamatnya diketahuiBahkan terdapat asumsi bahwa kita dapat mengambil konten memori dengan waktu konstan, tanpa memperdulikan berapa nilai alamat.Hal ini disebut dengan Random Access Memory.

Fungsi Pointer
Seperti apa yang saya jelaskan sebelumnya pointer dapat menunjukan suatu alamat memori, , sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui  alamat dari suatu variable, karena fungsi utama sebenarnya dari pointer adala untuk menyimpan alamat memori dari sebuah variable. Selain alamat memori sebuah variable, pointer juga dapat mentyimpan alamat memori sebuah fungsi. Sedangkan dalam C++ pointer akan digunakan untuk mendeklarasikan sebuah karakter atau string. Karena tanpa pointer mengakibatkan error pada program yang kita buat. Selanjutnya saya akan memperlihatkan contoh program sederhana di C++.

Contoh CODINGAN
Ada beberapa orang yang kadang berfikir bahwa kita membutuhkan alamat suatu variable untuk mengetahui isi memori. Namun sebenarnya, untuk beberapa kasus kita tidak butuh address dari variable. lalu bagaimana cara kita mengaksesnya? Kita hanya membutuhkan nama dari variable. Selanjutnya, merupakan tugas compiler yang akan mentranslasikan nama ke alamat mesin yang di perlukan oleh komputer. Sekarang saya akan memberikan contoh kodingan sederhana tentang pointer


Penjelasan:
a.       Fungsi #include:
#include akan memberikan perintah kepada compiler untuk meletakkan file iostream kedalam program karena fungsi cout memerlukan file iosream.
b.      Fungsi Tanda ():
Tanda () dan yang ada di dalamnya adalah pointer yang akan membantu program mendeklarasikan variabel dan membantu fungsi mentranslasikannya kedalam program. Pada codingan diatas, variabel yang di deklarasikan adalah *b dan *b ini akan di program sesuai dengan yang terdapat pada kondisi for dibawahnya. *b sendiri selanjutnya dimaksutkan untuk menunjukan variabel huruf yang akan di inputkan.
c.       Fungsi {}:
Digunakan untuk mengawali dan mengakhiri deklarasi dalam fungsi main().
d.      Fungsi Cout:
Digunakan untuk menampilkan text yang ingin kita perlihatkan dalam layar saat menjalankan program.
e.       Fungsi <<:
Digunakan operator pemasukan yang akan memerintahkan compiler untuk mengeluarkan output sesuai dengan inputan.
f.       Fungsi “:
Sebagai pembuka dan penutup pernyataan. Jika pernyataan tidak di beri tanda ini, pernyataan tidak akan keluar dan terjadi error. Tanda ini harus diberikan secara sepasang, agar program tidak error.
  1. Fungsi Getch() :

Fungsi ini akan mengenter secara otomatis dan pindah ke baris selanjutnya saat kita menginputkan sebuah karakter. Namun, karakter yang di inputkan tidak ditampilkan pada layar.

CODING :

#include<iostream>
#include<conio.h>
using namespace std;

int x(const char *y)
{
 int x=0;
 for(; *y!='\0'; y++)
 ++x;
 return x;
}
main()
{
 char huruf[100];
 cout<<"Input Nama : ";  
 cin.getline(huruf,100);
 cout<<"\nJumlah Nama : "<<x(huruf)<<""<<endl;
 getch();
}


LINK GITHUB :
https://github.com/tiasmlna/tiasmlna/tree/master

0 komentar: