ANDI WADI AFRIANDYKA || 1154113 || REKURSIF

18:55 Pemrograman Web 8 Comments



Rekursi merupakan sebuah proses yang memanggil dirinya sendiri yang biasanya dilakukan oleh fungsi atau prosedur pada pemrograman prosedural, seperti contoh bahasa pemrograman C, atau metode pada pemrograman berorientasi objek seperti C++ atau Java. Rekursi akan berjalan terus sampai kondisi stop terpenuhi, oleh karena itu dalam sebuah rekursi harus mempunyai blok-blok kode sebagai berikut :

·         Basis : Basis adalah kode yang menjadi titik berhenti dari sebuah proses rekursi karena proses rekursi akan berjalan terus berputar memanggil dirinya sendiri sampai sebuah kondisi basis terpenuhi. Oleh karena itu basis sangat penting dalam suatu proses rekursi, karena tanpa basis sebuah proses rekursi akan terus dijalankan tanpa henti.
·         Rekursi : Rekursi adalah kode dalam hal ini sebuah blok program (prosedur, fungsi atau metode) memanggil dirinya sendiri, contoh ada beberapa fungsi hitung hasil faktorial, bahwa di dalamnya blok kode fungsi itu memanggil dirinya sendiri. Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai implementasi rekursi pada bahasa pemrograman C.

( .h )
File header merupakan file dengan eksetensi h ( *.h ) yaitu file bantuan yang dipakai  untuk menaruh file fungsi akan dapat digunakan di dalam program. file header di dalam C++ pemisalan adalah “< >” atau “< >” untuk kegiatan masuk atau keluar (input/output). Tidak hanya dua file header itu, karena masih ada file header yang disediakan oleh C/C++ untuk menangani kerword-keyword yang lain.

Main()
Tubuh program utama berada pada fungsi main(). Berarti dalam setiap Tanda { dan pada akhir program terdapat tanda }. Tanda { harus ada pada setiap mulai dari sebuah kegunaan dan tentu saja harus diselesaikan  dengan simbol }. Tanda ini dipakai untuk menunjukkan cakupan(scope) dari suatu fungsi, dimana untuk menunjukkan fungsi ini dimulai dan berakhir. Ini adalah sebuah fungsi atau method inti yang akan digunakan memulai dirunn sebuah program, artinya jika dalam satu file c/c++ yang di aplikasi itu terdapat beberapa fungsi secara bertumpuk, fungsi yang pertama dijalankan dan akan dirunn oleh sebuah compiler adalah kegunaan “int (  )” ini, walaupun penempatan di bagian bawah.



Cout
cout adalah sintak untuk keluaran atau tampilan hasil ke dalam layar.
Contoh sederhana <<x;
merupakan output data ke dalam layar. << adalah karakter yang wajib mengikuti syntak cout. Jadi kata cout ditulis setelahnya wajib menuliskan karakter << x adalah data yang keluar yang telah diisi oleh user tentunya. ; ini sebuah tanda selesainya dari program dalam c++. Ini wajib dituliskan setiap akhir baris program. Jadi cout << x; cout akan menampilkan data x.
Cin
Fungsi cin adalah salah satu objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data dapat berupa teks ataupun angka. Untuk menggunakan fungsi cin ini, harus menuliskan file header iostream.h.
Biasanya perintah input cin digunakan untuk menjumlah dengan menggunakan variabel angka, sedangakan untuk variabel teks lebih sering manggunakan gets karena lebih mudah dan dapat melihat karakter  teks yang  menggunakan spasi 

Gatche ( )
fungsi getch sebenarnya merupakan fungsi yang dipakai untuk melihat input dari keyboard. getch() ini merupakan kepanjangan dari Get Character. Dan karakter yang didapat oleh fungsi getch ini tidak mungkin akan ditampilkan pada console. Adapun karakter yang diambil dari keyboard hanya satu karakter. Pada fungsi getch() tombol yang kita tekan pada keyboard tidak akan ditampilkan pada console (kecuali kita memanggil variabelnya dengan fungsi printf atau fungsi output lainnya). 

https://github.com/andiwadi1997/TUGAS3-REKURSIF/tree/master




8 komentar: