Misi 2 (Pembayaran & Tagihan Rumah Kos) - Metode Penelitian

21:31 Pemrograman Web 0 Comments

Ada banyak metode penelitian yang dapat kita gunakan. Dalam kasus ini, metode penelitian yang digunakan terdiri dari dua. Berikut metode penelitian yang digunakan dalam membangun aplikasi pembayaran dan tagihan rumah kos.


METODE HISTORIS

Dalam proyek ini, metode historis berlaku untuk menguak perjalanan proses bisnis yang lalu dan membandingkannya dengan apa yang diharapkan. Terbentuk ketika komunikasi dengan Pondok Anisa Jatinangor yang menceritakan proses bisnisnya yang telah berjalan dari beberapa waktu yang lalu.

Hasil dari metode ini terangkum dalam flowmap yang akan disediakan pada misi selanjutnya. Selain itu beberapa hasil yang lain adalah dokumen pencatatan pembayaran di rumah kos tersebut. Sehingga sangat membantu dalam membangun aplikasi yang diharapkan oleh pengurusnya.


METODE DESKRIPTIS

Metode ini digunakan untuk memadukan berbagai kemungkinan. Selain itu metode deskriptis lebih fokus terhadap observasi, analisa, dan pertimbangan suasana alamiah. Secara garis besar lebih memperhitungkan teori yang beredar untuk diaplikasikan ke dalam sebuah proses bisnis.

Validasi data dengan mempelajari lingkungan yang tidak jauh dari Pondok Anisa Jatinangor. Dalam kasus ini menggunakan lingkungan rumah kos Sarijadi yang secara tipikal tidak jauh berbeda dengan rumah kos di Jatinangor. Dengan begitu diperoleh kesesuaian kondisi dan struktur proses bisnis sebagai hasil penelitiannya.

oleh
Moch Yusuf Asyhari
1.13.4.019

0 komentar: