Misi 4 (Pembayaran & Tagihan Rumah Kos) - Desain dan Perancangan

22:15 Pemrograman Web 0 Comments


Cerita selanjutnya, kita akan merancang, mendesain, dan membuat struktur aplikasi. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan UML diagram. UML merupakan kepanjangan dari Unified Modeling Language. UML Diagram adalah himpunan pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) sebelum membangun aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan tool untuk mendukung pengembangan sebuah sistem.

Aplikasi yang digunakan untuk membuat diagram UML sangat banyak, salah satunya adalah StarUML yang dapat didownload di SINI.

Berikut beberapa bagian UML yang ditunjukkan pada video di atas.

1. Flowmap
Alur pemetaan yang menggambarkan proses bisnis yang sedang berjalan saat ini dan yang akan dibangun. Diagram ini bukan termasuk dalam UML, namun diagram ini termasuk diagram yang cukup penting untuk menjelaskan proses bisnis.

2. Use Case Diagram
Berisi rangkaian yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh aktor dengan berbagai entitas di dalam sistem tersebut.

3. Class Diagram
Berisi kelas yang akan kita bangun dan rangkai di dalam aplikasi sebagai satu kesatuan yang saling berguna satu sama lain sesuai dengan tugasnya masing-masing. Kelas terdiri dari atribut dan method. Namun tidak dipungkiri terdapat kelas yang tidak memiliki salah satu dari keduanya.

4. Sequence
Sequence diagram merupakan diagram yang memperlihatkan interaksi antara objek satu dengan objek lainnya di dalam sistem yang disusun pada sebuah urutan atau rangkaian waktu. Sehingga setiap aksi yang berlaku bersifat sequencial.

5. Collaboration Diagram
Diagram ini tidak berbeda jauh dengan sequence diagram. Hanya saja collaboration diagram merepresentasikan sequence diagram dalam bentuk yang berbeda.

6.Activity Diagram
Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem. Urutan Activity Diagram bersifat sequencial atau berurutan sesuai dengan aktifitas yang dilakukan oleh aktor atau aplikasi pada situasi dan kondisi tertentu.

7.Statechart Diagram
 Berbeda dengan Activity, Statechart Diagram menjelaskan status yang terjadi pada sistem dalam situasi dan kondisi tertentu. Diagram ini melibatkan entry yang dapat dimasukkan dan method yang akan terjadi apabila status yang lain berakhir atau secara bersamaan berjalan. Secara sederhana StateChart Diagram menitikberatkan pada tampilan atau apa yang disajikan oleh sistem kepada aktor.

8.Component Diagram
Berisi komponen komponen pembangun aplikasi yang akan kita buat. Terdapat banyak sekali komponen dalam sebuah aplikasi. Secara garis besar, di atas merupakan komponen yang sangat terlihat dan dapat diubah.

9.Deployment
Diagram ini lebih memperlihatkan pihak atau bagian yang turut serta membangun aplikasi tersebut. Seperti dukungan atau keterikatan dengan aplikasi yang lain.

oleh
Moch Yusuf Asyhari
1.13.4.019

0 komentar: