Misi 6 (Pembayaran & Tagihan Rumah Kos) - Koneksi Database ke Android

23:44 Pemrograman Web 0 Comments


Kali ini kita libatkan database dalam membangun aplikasi. Dalam kesempatan ini, kita tidak lagi menggunakan localhost, kita coba menggunakan hosting sebagai server database. Database yang digunakan kali ini adalah MySQL.


  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat databasenya di Control Panel > phpmyadmin. Bagi kalian yang biasa menggunakan localhost, phpmyadmin tidaklah jauh berbeda. Semuanya serupa hanya saja kali ini selalu membutuhkan koneksi internet untuk mengaksesnya.
  2. Setelah membuat database, kita buat web servicenya. Web Service yang digunakan adalah JSON. Letakkan Web Service di public_html agar dapat diakses oleh public. Filenya dapat diunduh di SINI.
  3. Usai itu, kita coba akses file Web Service tersebut. Apakah hasilnya sesuai dengan algoritma yang diinginkan.
  4. Langkah berikutnya membangun aplikasi mobile untuk memanipulasi melalui web service tersebut. Aplikasinya dapat diunduh di SINI.
  5. Dalam aplikasi Android terdapat kelas config yang berfungsi untuk mendefinisikan setiap url Web Service.
  6. Dalam aplikasi Android terdapat RequestHandler yang berfungsi untuk mengendalikan permintaan . Seperti mengirim data atau menerima data.
  7. Dalam aplikasi Android terdapat LoginRequest dan RegisterRequest. Dua web service tersebut sengaja terpisah dengan alasan keamanan. Selain itu RegisterRequest dan LoginRequest juga terhubung pada Web Service password yang berisi Hash Encryption sebagai Network Security.
  8. Selanjutnya jalankan aplikasi dan pastikan semua berjalan lancar. Perhatikan pula alamat hosting dan jaringan internet.



0 komentar: