Misi 8 (Pembayaran & Tagihan Rumah Kos) - Stress Test Android & WebService

06:26 Pemrograman Web 0 Comments


Misi kali ini adalah menguji ketahanan aplikasi yang kita buat. Dengan nama lain, stress test. Ada banyak sekali tools bersifat open source yang menyediakan fitur tersebut. Kali ini kita akan menggunakan stress test online tanpa harus download dan instal tools tersebut.

Kesempatan kali ini, stress test akan terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama untuk melakukan stress test pada Web Server, Web Service dan Database. Kedua stress test untuk aplikasi Manager dan yang terakhir stress test untuk aplikasi client.

1. Stress Test Web Server, Web Service dan Database
Untuk melakukan tes ini, ada baiknya untuk memperhatikan apakah Web Server tidak diakses terlebih dahulu. Jadi pastikan benar-benar tidak ada yang mengakses. Sebab hal tersebut sangat berpengaruh pada hasil stress test. Terbukti pada stress tes di atas, ada banyak sekali yang mengakses Web Server, sehingga stress tes yang awalnya mampu mengirim hingga 9 request setiap detiknya, kini tinggal sekitar 3 request setiap detiknya.

Situs Stress Test untuk Web Server, Web Service, dan Database yang saya gunakan adalah,



2. Stress Test Android Project (.apk)
Ada banyak situs yang menyediakan layanan stress test khusus Mobile App dengan gratis meski ada beberapa keterbatasan seperti lama dan terasa berat. Meski begitu, fitur stress test yang ada perlu untuk dipertimbangkan.

Situs Stress Test untuk Android Project yang saya gunakan adalah,


Download aplikasinya di sini

0 komentar: