Instalasi dan Pengenalan Yii2

20:27 Pemrograman Web 1 Comments



Yii adalah sebuah framework dengan kinerja bagus, berbasis komponen framework php dan di desain untuk cepat mengembangkan aplikasi web modern. Yii singkatan dan dari Yes It Is.

Yii adalah framework pemrograman web yang umum, artinya bahwa yii dapat digunakan untuk membangun semua jenis aplikasi web yang menggunakan PHP. Oleh karena susunan komponen dasar dan dukungan chaching yang canggih, itu sangat cocok untuk membangun aplikasi dalam sekala besar seperti portal, forum, CMS, project e-commerce, dan lain sebagainya.

Perbandingan Yii dengan framework lain

1. Seperti framework php lainnya, yii menggunakan pola susunan MVC(Model-View Controller) dan mengembangkan kumpulan kode nya berdasarkan pola tersebut.
2. Yii mengambil filosofi bahwa kode harus ditulis dengan seringkas dan seelegan mungkin. Yii tidak memberikan desain yang berlebihan agar mengikuti pola desain dengan efektif.
3. Yii adalah framework yang memiliki banyak fitur yang sudah terbukti dan siap digunakan, seperti query builders, active record dan lain-lain.
4. Yii sangat luas, kamu bisa meng-kustom dan mengganti hampir setiap kode inti. Kamu juga bisa mengambil manfaat dari kerangka ekstensi yii untuk digunakan ataupun mengembangkan ekstensi tersebut.
5. Kinerja yang tinggi adalah tujuan utama dari Yii framework.


Pada mulanya YII di bangun dari versi 1, yang kini muncul yii versi baru yakni yii2.
Instalasi
Saat ini, Yii menyediakan 2 template aplikasi yaitu app-basic dan app-advance. Anda bisa memilih salah satu yang akan diisntall.
Dari terminal jalankan
1.composer global require "fxp/composer-asset-plugin:1.0.0"
2.composer create-project --prefer-dist --stability=dev yiisoft/yii2-app-advanced advanced
Tunggu sampai download selesai. Setelah selesai, lakukan langkah-langkah berikut
1.Dari terminal, jalankan command init untuk menginisialisasi aplikasi sesuai environment yang diinginkan
2.Buat database baru dan ubah configurasi components['db'] di file common/config/main-local.php.
3.Jalankan command yii migrate untuk membuat table yang diperlukan.
Untuk memakai aplikasi, buka browser dan masukkan alamat path/to/advanced/backend/web/index.php atau path/to/advanced/frontend/web/index.php. Anda mungkin perlu untuk signup lebih dulu untuk masuk ke aplikasi.
Penutup
Untuk beberapa alasan, disarankan anda menginstall aplikasi deesoft/yii2-application dari pada aplikasi app-advanced. Aplikasi ini punya struktur yang simple seperti yii2-app-basic tetapi dengan fitur dasar yang sama banyaknya dengan yii2-app-advanced.
Memahami Directory Aplikasi Yii
Ketika kita install yii dengan advanced application template, maka kita akan menjumpai 6 folder utama dan beberapa file, berikut ini kira2 penjelasannya mengenai fungsi masing2 folder itu:
The root directory contains the following subdirectories:
  • backend - backend web application.
  • common - files common to all applications.
  • console - console application.
  • environments - environment configs.
  • frontend - frontend web application.
Root directory contains a set of files.
  • .gitignore contains a list of directories ignored by git version system. If you need something never get to your source code repository, add it there.
  • composer.json - Composer config described in detail below.
  • init - initialization script described in “Composer config described in detail below”.
  • init.bat - same for Windows.
  • LICENSE.md - license info. Put your project license there. Especially when opensourcing.
  • README.md - basic info about installing template. Consider replacing it with information about your project and its installation.
  • requirements.php - Yii requirements checker.
  • yii - console application bootstrap.
  • yii.bat - same for Windows.
Intinya, ada 3 aplikasi yaitu frontend, backend dan console.
  • Frontend adalah aplikasi web yang akan ditampilkan untuk end user.
  • Backend adalah aplikasi web yang berfungsi untuk administrator dalam mengelola aplikasi frontend.
  • Console adalah aplikasi yang digunakan untuk cron jobs and low-level server management. dan juga digunakan selama deployment aplikasi dan menghandle migrations dan assets.
Ada juga folder common yang  berisi file2 yang digunakan oleh lebih dari satu aplikasi, sebagai contoh global configuration seperti pengaturan koneksi database, atau general model seperti model user.
Yii2 sudah memperhitungkan pengembangan aplikasi enterprise, dimana sangat support untuk pengembangan aplikasi secara team menggunakan git. Kalo kita lihat pada Yii2 ini, ada beberapa file yang berakhiran “-local” yaitu main-local.php dan param-local.php, itu adalah file-file yang hanya untuk penggunaan local sehingga dikecualikan untuk diupload ke repository git, silahkan cek file .gitignore.


Daniel Septry Panjaitan



1 komentar: